Tuesday, December 9, 2008

Chating tanpa takut di blokir


Tanpa perlu instal aplikasi, kita bisa chatting dengan gampang dengan teman ngobrol di jagat maya. Ya, layanan instant messenger (IM) berbasis web (web base) kini semakin banyak pilihannya. Padahal beberapa waktu lalu, alternatif pengganti aplikasi pengirim pesan ini jumlahnya bisa di hitung dengan jari. Apa sih kelebihan IM jenis ini dibandingkan dengan IM dalam bentuk aplikasi mandiri?
Mendownload file installernya, lalu melakukan installasi, tentu membutuhkan waktu agak lama. Bisa jadi rekan ngobrol yang di inginkan sudah terlanjur sign out karena tak sabar menunggu. Layanan kirim pesan praktis ini juga menjadi solusi jika jalur IM kita di blokir oleh administrator jaringan ditempat kita bekerja. Kecuali jika semua alamat web layanan web-base chatting tersebut juga turut dihadang. waduh Yell. Karena berbasis web, chatting dengan IM berbasis web tak perlu mengeset alamat IP (internet protocol). Seperti melakukan browsing, kita cukup buka internet browser, masuk ke alamat layanan, login dengan account username dan password yang biasa kita pakai, lalu langsung ngobrol.

Pilihan Beragam.

Hampir semua layanan IM mulai dari MSN, Yahoo! Messenger, sampai Google Talk pun memiliki layanan messaging versi web-base. Beberapa memang masih berstatus beta, tapi sudah lumayan lancar untuk dimanfaatkan. Jika kita pengguna Yahoo! Messenger, manfaatkan versi web layanan chatting tersebut di alamat http://webmessenger.yahoo.com . Ini adalah solusi praktis jika aplikasi chatting tersebut sedang bermasalah di PC kita. Cara pakainya juga tak sulit. Jika kita sudah memiliki account Y!M, tinggal masukkan saja username dan password di kotak isian tersebut.

Satu situs, beragam IM.

Selain layanan resmi dari masing-masing IM, kita bisa menemukan layanan dari pihak ketiga. Biasanya layanan pihak ketiga ini menyediakan fasilitas akses ke banyak layanan. Salah satunya dan yang terpopuler adalah Meebo. Denga Meebo (yang beralamat di http://www.meebo.com), kita bisa mengakses jalur chatting beraneka layanan. Dalam satu website, kita bisa menggunakan beberapa account chatting sekaligus, seperti Yahoo! Messenger, AIM, Google Talk, dan MSN Messenger. Selain itu, Meebo sendiri menyediakan kanal tersendiri untuk chatting antar sesama pengguna meebo.

Disini, kita bisa mengaktifkan beberapa account sekaligus. Dan semuanya bisa dipantau dari satu jendela didalam web browser. Memang, yang aktif hanya fasilitas untuk kirim-terima pesan teks saja, belum tersedia layanan video call atau audio call. Layanan ini sangat efektif jika kita memiliki banyak messenger account dan hendak membukanya secara bersamaan , tanpa harus berpindah jendela aplikasi.



Pilihan Messenger berbasis web.

Layanan instant messenger berbasis web bukan hanya milik Meebo saja, banyak beberapa alternatif pilihan diantaranya yaitu :



http://messidog.live.com

http://webmessenger.msn.com

http://webmessenger.yahoo.com

http://www.aim.com/aimexpress.adp

http://www.ebuddy.com

http://www.google.com/talk/#

http://www.meebo.com

No comments:

Post a Comment